Menetapkan Tujuan Hidup Dan Memotivasi Diri



Menetapkan Tujuan Hidup Dan Memotivasi Diri

Menetapkan Tujuan Hidup Dan Memotivasi Diri.


Menentapkan tujuan hidup dan memotivasi diri merupakan aspek penting bagi siapa saja untuk menjadi sukses. Penetapan tujuan memungkinkan Anda untuk mencapai tugas-tugas Anda dengan cara yang terorganisir dan dalam jangka waktu yang terbatas. Oleh karena itu, penting bahwa tujuan yang ditetapkan harus dengan sangat hati-hati. Bila Anda telah menetapkan tujuan Anda, Anda tidak hanya akan merasa yakin tentang pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi Anda juga akan memprioritaskan apa kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ini meningkatkan motivasi dan harga diri Anda dan Anda memiliki pandangan yang positif terhadap pekerjaan yang Anda lakukan.

Sementara perencanaan untuk penetapan tujuan, Anda harus memastikan bahwa tujuan Anda : 


CERDAS :  Yang berarti, mereka harus: Spesifik - yaitu ke titik "Terukur" - yaitu Anda bisa menilai berapa banyak tujuan yang mampu untuk anda capai.


Pencapaian - yaitu mereka harus berada dalam potensi prestasi anda - Anda yakin dan pasti kalau anda benar-benar mampu untuk mencapainya.


Realistis - yaitu mereka harus praktis dan bukan sesuatu yang tidak jelas


Tepat waktu - yaitu harus ada jangka waktu di mana tujuan-tujuan ini harus dicapai


Jadi, memiliki pendekatan CERDAS dalam menetapkan tujuan akan membuat Anda mengidentifikasi celah, mengukur diri sendiri dan membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan mudah. Tujuan ini akan membantu Anda menaiki tangga kesuksesan dalam langkah-langkah lambat tapi konkret.

Bila Anda memiliki tujuan yang besar untuk dicapai, pastikan bahwa Anda membaginya menjadi tujuan yang lebih kecil yang tampaknya mudah untuk dicapai. Misalnya, jika Anda harus mengirimkan laporan penting dalam tenggat waktu, menetapkan tujuan yang lebih kecil yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda yang lebih besar. Dalam hal ini, langkah-langkah seperti hipotesis, pengumpulan data, analisis hasil dan kompilasi dapat menjadi langkah-langkah kecil yang akan membantu untuk mencapai tujuan penyampaian laporan. Tenggat waktu harus selalu berhubungan dengan tujuan yang lebih kecil juga sehingga Anda mampu melaluinya, Anda menyadari kemajuan Anda dan pekerjaan yang anda lakukan.

Bagian utama dari penetapan tujuan adalah bahwa hal itu tidak harus kaku. Tujuan harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga mereka dicapai dan fleksibel. Fleksibilitas bukan berarti menjadi sangat lunak dengan tujuan, melainkan Anda harus menyukai perencanaan tujuan anda. Rasa semangat akan membuat Anda memperbaiki masalah yang Anda hadapi dalam pelaksanaan rencana tujuan Anda. Jadi, waktunya menjaga tujuan Anda dengan baik, tetap semangat dan membuat perencanaan sesuai dengan prioritas Anda.

Ada banyak jenis tujuan yang dapat diatur seperti, tujuan profesional, tujuan kreatif, tujuan pribadi, tujuan keluarga, tujuan pendidikan, tujuan keuangan dan sebagainya. Dengan mengelompokkan tujuan hidup Anda, Anda akan dapat memastikan bahwa tidak ada yang tersisa. Berbaris tujuan Anda sehingga Anda tahu apa yangpertama  harus anda prioritaskan dan melaksanakannya.

Penetapan tujuan tidak hanya membantu Anda merencanakan hidup Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda berada dalam kendali hidup Anda. Menetapkan tujuan dengan pintar, cara ini memastikan penyelesaian tepat waktu dan mengurangi tingkat stres Anda.




.                                                                              


Jika ulasan berikut berarti buat anda , maka saya sangat harapkan agar saudara/ri sekalian mau meluangkan waktu dan tenaga untuk like dan share ulasan ini di media sosial saudara/ri atau di manapun yang anda inginkan. Agar bisa membantu untuk orang lain yang membutuhkan. Semoga ulasan ini bisa berarti untuk semua orang. jangan lupa untuk berlangganan untuk mengikuti update post selanjutnya. Untuk kritik dan saran, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih telah berkunjung. Salam.